Apa yang Kita Akan Lakukan Bila Bumi Kita Rusak ?

ini untuk instropeksi diri aj gan, jadi jawaban tergantung kalian, kami hanya memberikan opsi yg mungkin anda pilih, sebagai berikut :

1. Buat suatu komplek instalasi pengolahan limbah Zero Waste Technology, jadi aku akan menjadi leader dalam bidang industri dan lingkungan hidup. Bebankan biaya yang sangat tinggi untuk industri sumber pencemar level extreme, biar mereka bangkrut sekalian, berkurang kan pencemaran di bumi.
2. Produksi produk makanan dan minuman yang 100% sehat, pasti harganya mahal dan sangat menguntungkan, air bersih pasti lebih mahal daripada BBM. Tentunya harus punya juga suatu sistem pertanian yang terintegrasi dengan peternakan, kehutanan, perikanan, dan perkebunan. Saya bangun suatu bukit dengan keseimbangan ekosistem yang sangat terjaga (terproteksi) sebagai produser bahan baku industri berbasis pertanian yang aku punya.
3. Produksi masker dan AC dengan teknologi yang dapat membersihkan (filtrasi) udara dari bahan pencemar dan menambah Oksigen.

Sebelum itu terjadi, ayo kita selamatkan bumi kita, biar aku engak jadi orang kaya sendirian.....
Caranya:
1. No More Legal or Illegal Logging. Extra protection atas hutan kita terutama yang berbatasan dengan Malingsia (Malaysia).
2. Penutupan industri pencemar lingkungan, perketat perizinan dan pengawasan, serta pertegas peraturan. (jangan mau disogok atuh....)
3. Terapkan pola pertanian organik, yaitu tanpa penggunaan pestisida. Tahap awal memang perlu pengorbanan, sehingga perlu jaminan asuransi dari pemerintah bagi para petani yang akan memulai berbudidaya secara organik. Harus didampingi.
4. No more ekstensifikasi pertanian dengan pembukaan hutan untuk dicetak menjadi lahan pertanian. Bull shit!!! Mending impor beras aja deh dari india, thailand, dan vietnam. Toh harganya lebih murah dari beras Bulog!!!! (kalau gak dikorupsi)
5. Penghematan energi, dan eksplorasi berbagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan terbarukan.
6. Kembalikan kearifan lokal dengan kembali ke makanan lokal sebagai makanan pokok di seluruh daerah, sehingga tidak selalu terpaku kepada beras dan beras!!!!
7. No more relokasi industri yang hanya memindahkan teknologi yang sudah kadaluarsa ke negara kita. Akibatnya terjadi inefisiensi dan inefektif pada proses produksi, ujungnya pada pemborosan sumberdaya (bahan baku & energi) dan emisi cemaran meningkat.
8. Bike to work yuk......
9. Menyadari bahwa kita adalah manusia yang diamanatkan untuk menjaga kelestarian bumi, bukan menghancurkannya..... Mesti berfikir untuk anak-cucu kita dong.....
10. Banyak lagi yang lainnya yang bisa kita lakukan untuk bumi yang kita kasihi dan sayangi ini...


klo agan punya pendapat lain komen aj ya !

0 komentar:

About Me